Tentang Fotografi

Fotografi adalah  proses pengambilan gambar visual dengan menangkap sinar cahaya.

Hal ini berhubungan erat dengan dua hal:

  1. Teknis : Bagaimana menyiapkan atau pengaturan kamera untuk pengambilan gambar.
  2. Kreatif : Seni  menghasilkan gambar yang baik dalam pengambilan gambar.

Didalam fotografi, terdapat banyak sekali jenisnya . Untuk beberapa daerah pengambilan dibutuhkan pengetahuan khusus (misalnya fotografi ilmiah), tetapi hampir semua jenis fotografi menggunakan prinsip-prinsip dasar yang sama untuk memperoleh gambar yang jelas dan terfokus melalui lensa ke kamera.

Begitu juga halnya dengan jenis kamera juga terdapat beberapa jenis. Para fotografer profesional mengunakan jenis kamera yang berbeda untuk tujuan yang berbeda pula. Jenis yang paling popular untuk mengambil gambar berkualitas tinggi adalah lensa reflel tunggal (SLR)

Dunia fotografi pertama banyak menggunakan film sebagai media perekam yang merupakan proses kimia. Namun fotografi sekarang ini telah menggunakan system digital yang merupakan proses elektronik.

Sebuah bagian penting dari kamera adalah elemen optic, yaitu lensa. Peran lensa adalah menangkap cahaya sinar yang masuk dan dipantulkan untuk menghasilkan gambar yang  jelas. Struktur lensa menentukan seberapa banyak cahaya yang dipantulkan dan gambar yang dihasilkan.




%d blogger menyukai ini: