Cahaya untuk Video

Video pencahayaan didasarkan pada prinsip-prinsip yang sama seperti pencahayaan untuk media visual lainya.

Sumber Cahaya

Semua video menggunakan  beberapa jenis pencahayaan, apakah cahaya alam (dari matahari) atau buatan. Tujuan dari pencahayaan video adalah memilih sumber terbaik untuk mencapai tujuan.

Pertama dan terpenting kita perlu cahaya cukup. Kita juga harus memastikan bahwa kamera kita dapat merekam gambar yang dapat diterima. Dengan kamera modern sekarang ini jarang terjadi masalah kecuali dalam cahaya yang sangat rendah atau kontras yang kuat.

Dengan asumsi kita memiliki cahaya yang cukup, maka kita harus mempertimbangkan kualitas cahaya dan menggabungkan berbagai sumber cahaya untuk menghasilkan gambar.

Ketika berpindah lokasi pikirkan sumber cahaya yang kita gunakan. Jika beralih dari settingan luar (outdoor) dengan yang didalam (indoor),kita perlu melakukan white balance pada kamera kita  untuk sumber cahaya yang baru.

Rasio Kontras

Rasio Kontras adalah perbedaan kecerahan antara terang dan bagian gelap gambar. Hasil lebih kontras adalah bahwa bagian gambar akan terlalu terang atau terlalu gelap untuk melihat detail apapun. Untuk alasan ini kita harus memastikan tidak ada kontras terlalu banyak pada gambar yang kita rekam.

Lampu Kamera

Lampu kamera merupakan salahsatu solusi, mudah serbaguna digunakan amatiran atau professional. Jenis pencahayaan hanya dirancang untuk menerangi tempat yang cukup untuk memungkinkan pengoperasian kamera secara normal. Namun itu adalah solusi , sederhana dan praktis.

Mode Malam

Beberapa kamera menyediakan mode malam, opsi yang memungkinkan kita untuk melakukan pengambilan gambar dengan hampir tanpa cahaya. Mode ini menggunakan  cahaya inframerah bukan cahaya yang tampak secara normal. Hal ini berguna dalam situasi ekstrim ketika kita tidak mempunyai pilihan lain. Sayangnya hasilnya cenderung berkualitas rendah. Tentu saja kita dapat menggunakan mode ini untuk efek khusus jika itu sesuai dengan kondisi yang diinginkan.




%d blogger menyukai ini: